Beranda > Info > Ikuti Seminar tentang Keamanan Transaksi Online!!

Ikuti Seminar tentang Keamanan Transaksi Online!!

JAKARTA, – 6 Oktober 2010
16-17 Oktober 2010 nanti, untuk ketiga kalinya akan berlangsung kegiatan konferensi tahunan IDSECCONF yang akan berlangsung di BALI tepatnya di STMIK BALI. Kegiatan yang didukung oleh Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia beserta sponsor lainnya ini akan melibatkan komunitas keamanan TI kedalam berbagai besaran acara yang diadakan selama dua hari tersebut.

Indonesian Security Conference 2010 atau yang lebih dikenal IDSECCONF2010 ini adalah yang ketiga kalinya diadakan, event yang bertemakan “Keamanan dalam bertransaksi electronic banking dan electronic payment” ini diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi khalayak TI di Indonesia mengenai status keamanan dan kerawanan mengenai Transaksi E-Banking dan E-Payment (Pembayaran Elektronik), masih mencakup 4 jenis kegiatan besar yang akan di laksanakan selama 2 hari penuh.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pencerahan ke khalayak umum, pelajar, mahasiswa, maupun kalangan Security Professional khususnya mengenai berbagai isu keamanan pada transaksi elektronik ini juga tetap berfokus pada masalah Keamanan Teknologi informasi secara umum dan Temu Komunitas. 4 besaran kegiatan adalah: Paparan dengan 4 Pembicara “keynote”, 9 Pemaparan presentasi dan demo, diskusi Panel, diskusi Komunitas, serta Permainan Hacking di hari terakhir yang memperebutkan hadiah yang sangat menarik.

Kegiatan di hari pertama (16 Oktober 2010) akan diisi dengan 2 Keynote Speaker, yang diisi oleh Pihak STMIK BALI dan DEPKOMINFO, dihari pertama ini juga terdapat 4 orang pemateri yang akan memaparkan beragam Hal terkait Keamanan bertransaksi “Electronic Banking” dan Pembayaran Elektronik, dimulai dengan pemateri dari DEPKOMINFO, dilanjutkan sebuah materi dari k-159 yang berjudul “Assesstment Against ebanking : How To Train Your Ninja” akan mengajarkan security officer/hacker/ninja yang dimiliki oleh bank untuk melakukan “Legal Security Assessment“.

Dilanjutkan oleh y3dips yang akan memaparkan mengenai bagaimana melakukan hacking terhadap jaringan pribadi yang pastinya dimiliki oleh per-bank-an, dan bagaimana untuk meminimalisir tingkat kerawanan dan meningkatkan level keamanannya dalam materi berjudul “Hacking pr8 network: banking infrastructure“. Materi selanjutnya yang pastinya tidak kalah menarik adalah mengenai teknik “lock picking” yang akan di sampaikan oleh indo.pick dengan judul materi “No Banking, No Secure – Pembobolan Brankas dengan Lock Pick“. Kegiatan hari pertama di tutup dengan Diskusi Panel “dua arah” yang akan membahas mengenai “Seberapa Aman dan Menjanjikankah Transaksi E-Banking dan E-Payment di Indonesia.

Kegiatan di hari kedua akan diawali dengan 2 Pembicara Keynote yang sudah tidak asing lagi di komunitas keamanan TI, dimulai dengan Bpk Yono Reksoprodjo dan dilanjutkan dengan keynote dari Jim Geovedi. Pada hari kedua ini Paparan pertama dimulai oleh wardh27 dengan tema “Peluang Layanan Konten Keamanan E-Transaction di Era Konvergensi” dan merupakan satu-satunya wanita yang mengirimkan paper pada IDSECCONF2010 ini dan berhasil lolos. Kemudian di lanjutkan oleh malcoder dengan materi “OAuth untuk pengamanan credentials pada akses REST API“.

Kegiatan setelah makan siang akan di buka oleh bahasan mengenai salah satu pilihan untuk mengatasi “Skimmer Attack” pada ATM yang disampaikan oleh aria_dee & rikson dengan judul lengkapnya “Design Skema RN45 Sebagai Solusi Skimmer Attack pada ATM “. Paparan di lanjutkan oleh k1m0ch1 yang akan membahas mengenai Cara kerja Token yang umumnya menjadi salah satu faktor peningkat keamanan saat bertransaksi, paper ini berjudul lengkap “Ebanking: Generating The Responses“.

Kegiatan Paparan di akhiri dengan sebuah materi berjudul  “Pwning bank network while queueing” dari sloc mengenai seberapa mungkinkah untuk melakukan hacking terhadap Bank secara cepat dari tempat-tempat yang umumnya tidak menarik perhatian berlebih seperti misalnya saat mengantri pada layanan perbankan. Kegiatan akan di tutup dengan sebuah diskusi komunitas, mengenai “Peranan Komunitas Underground dalam perkembangan Transaksi Elektronik di Indonesia.” dan akan di isi oleh panelis dari berbagai komunitas Underground di Indonesia.

Pada hari kedua inipun akan secara bersamaan dilangsungkan Permainan hacking(hacking contest)Capture The Flag”, yang akan mengajak para peserta untuk merasakan secara nyata suatu kondisi dimana dia harus mempertahankan mesin/server yang dia miliki dari serangan dan juga melakukan serangan, disamping itu para pesertanya juga harus dapat menyelesaikan misi-misi yang sudah di persiapkan oleh panitia. Para peserta yang memperoleh poin tertinggi akan menjadi pemenangnya dan berhak mendapatkan hadiah menarik yang telah di siapkan oleh panitia.

IDSECCONF2010 ini adalah cerminan upaya yang diberikan komunitas non-profit khususnya bekerjasama dengan Departemen Komunikasi dan Informatika untuk kemajuan pendidikan anak bangsa serta sebagai salah satu upaya untuk mempercepat penyebaran ilmu Teknologi Informasi dan menghapus “gap” di berbagai kalangan.

Mari Bersama kita sukseskan demi kemajuan Bangsa khususnya di bidang Keamanan Teknologi Informasi.

http://idsecconf.org
Info Pendaftaran: http://2010.idsecconf.org/p/info-pendaftaran.html
Detail Kegiatan : http://2010.idsecconf.org/p/kegiatan.html
Contact Us: kacung2010(et)idsecconf.org

Kategori:Info
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: